Minggu, 09 Oktober 2016

Tugas Makalah Softskill: Teknologi Canggih

TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL
DRONE






Kelas 3KA08 Kelompok 3





Andhika L
Rida
Euva
Fathur
Baby
Intan
Arinta
Irly


ABASTRAKSI

Pesawat tanpa awak atau yang lebih popular dengan sebutan Drone adalah salah satu kecanggihan teknologi terkini. Teknologi memang merupakan hal yang berkembang paling pesat di era modern kini, kegunaan teknologi memang sangat efektif dalam membantu aktivitas manusia. Drone adalah salah satu contohnya, Drone dapat membantu manusia dalam segi transportasi, hingga visualisasi yang dapat digunakan hampir dalam segala medan, penggunaan Drone dapat menghemat tenaga manusia yang digunakan, bahkan dalam kasus tertentu tidak menganggu lalu lintas seperti yang dibutuhkan kendaraan pada umumnya.
Drone sendiri bukanlah teknologi yang baru saja dibuat, namun Drone juga memiliki riwayat sejarahnya, teknologi pesawat tanpa awak sendiri sebenarnya sudah digunakan sejak masa perang dunia. Pada awalnya seorang penemu bernama Nicola Tesla telah mematenkan remote control atau pengendali jarak jauh, hal tersebutlah yang mendasari penciptaan Drone. Hingga pada tahun 1916 sebuah konsep pesawat tanpa awak dibuat dan diberi nama “Aerial Gadget”. Namun sepanjang pembuatannya, ternyata alat tersebut tak kunjung diterbangkan. Namun beberapa waktu kemudian, debut pesawat tanpa awak bernama “Hewitt-Sperry Automatic Airpane” pun selesai diproduksi. Dan pesawat tanpa awak jenis ini yang pertama kali terbang dengan membawa misi bom terbang.
Memang dampak penggunaan Drone pada saat itu sangat negatif, hal tersebut sebenarnya dapat dipahami karena saat itu perang dunia sedang terjadi, sehinggak teknologi itu sendiri digunakan sebagai sumber kekuatan bagi Negara yang sedang berperang. Namun di era modern kini kecanggihan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, dengan tata aturan yang diterapkan dan di patuhi.


PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Di era modern kini banyak sekali teknologi-teknologi canggih yang telah di ciptakan, tujuannya tentu untuk memfasilitasi dan mempermudah manusia dalam bekerja dan beraktivitas. Teknologi tentu memiliki banyak kegunaan, contohnya dibidang transportasi dan visualisasi, drone kini marak digunakan dalam bidang tersebut, penggunaan pesawat tanpa awak kini diminati oleh para pengusaha-pengusaha shipping, bahkan juga diminati perusahaan online shopping seperti Amazon, hal tersebut karena drone memiliki fungsi-fungsi dan karakteristik yang unggul dalam bidang tersebut.
Drone membuat penggunanya dapat memperoleh atau bertransaksi informasi secara jarak jauh, untuk itu banyak kalangan orang yang tertarik untuk memiliki drone, penggunaan drone cukup sederhana, layaknya mengontrol mainan seorang anak, hanya menggunakan remote kita bisa menggerakan drone dengan leluasa.
Sejak meningkatnya minat masyarakat terhadap drone, kini banyak perusahaan-perusahaan yang memproduksi drone, dari segi harga hingga kualitas, drone kini memiliki berbagai macam jenis, dan juga memiliki beragam kegunaan.

2. Rumusan Masalah
            1). Apa itu drone?
            2). Apa saja fungsi dari drone?
            3). Apa saja jenis-jenis dari drone?
            4). Manfaat, dampak dan kendala dari penggunaan drone?

3. Tujuan Penulisan
            Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan pengetahuan umum tentang drone, serta mengetahui beragam jenis drone dan manfaatnya. Dan mengetahui dampak dari penggunaan drone, baik positif maupun negatif bagi penggunanya maupun masyarakat.


PEMBAHASAN

1. Sejarah dan Pengertian
            Penggunaan dan pengembangan teknologi drone muncul sejak awal abad 19, sebelum perang dunia I, pertama kali di tanggal 22 Agustus 1849. Pada saat itu, ada pertempuran antara Austria melawan kota Venesia, Italia. Austria yang menguasai mayoritas wilayah Italia meluncurkan ratusan balon dari kapal Austria Vulcano. Dan balon - balon tersebut pun berhasil mengenai target, walaupun beberapa diantaranya justru meleset berubah arah karena tertiup angin dan malah meledak di perbatasan Austria dan Italia.
Kemudian, pada 8 November 1898, Nicolas Tesla, penemu AS keturunan Serbia mematenkan remote control atau pengendali jarak jauh temuannya. Remote control ini menjadi dasar ilmu robotik kontemporer. Tesla membuat kapal dan balon yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.
Berasal dari pertempuran tersebut, pada tahun 1916, sebuah konsep pesawat tanpa awak dibuat dan diberi nama “Aerial Target”. Namun sepanjang pembuatannya, ternyata alat tersebut tak kunjung diterbangkan. Namun beberapa waktu kemudian, debut pesawat tanpa awak bernama “Hewitt-Sperry Automatic Airpane” pun selesai diproduksi. Dan pesawat tanpa awak jenis ini yang pertama kali terbang dengan membawa misi bom terbang.

Setelah dilihat dari sejarahnya drone atau pesawat tanpa awak (unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya.

2. Fungsi Drone
            Seperti teknologi pada umumnya yang memiliki berbagai macam fungsi untuk membantu manusia dalam bekerja atau beraktivitas, drone juga memiliki berbagai macam fungsi, seperti dibidang komersil, militer, visualisasi, dan berbagai bidang lainnya.
a) Komersil
Sebelum drone mulai menarik dikalangan masyarakat, kita tentu sudah tahu bahwa berbisnis pasti membutuhkan jasa pengiriman berupa kurir dan biasanya mobil atau sepeda motor yang menjadi alat transportasi pengirimannya. Kini beberapa perusahaan bisnis maupun komersil mulai tertarik menggunakan drone seperti yang dilakukan oleh perusahaan perdangan elektronik Amazon, karena dengan menggunakan drone akan lebih cepat, hal tersebut karena drone menggunakan jalur udara sehingga bebas dari kemacetan lalu lintas seperti yang sering dialami para kurir yang menggunakan mobil atau sepeda motor.


b) Militer
Sejarah drone yang awalnya memang diciptakan dalam era perang dunia, drone bisa digunakan sebagai pesawat tempur tanpa awak yang membawa misil maupun bom yang berukuran kecil namun memiliki daya ledak yang besar. Namun masih sedikit pihak militer yang mengembangkan drone sebagai alat pertempuran utama, hal tersebut dikarenakan pesawat jet tempur masih dalam posisi teratas dalam kondisi siap tempur, selain memiliki kecepatan terbang yang sangat cepat, pesawat tempur juga memiliki muatan yang lebih banyak dari drone.
c) Visualisasi
Penggunaan drone yang dapat melesat jauh diketinggian tertentu membuat kita sebagai manusia bisa melihat kedaan dari atas tanah dan tentunya dengan jangkauan yang luas, hal tersebut membuat kita bisa memanfaatkan drone untuk memantau keadaan cuaca atau bahkan badai, melakukan pemetaan, hingga membantu Tim SAR dalam usaha penolongan korban bencana.

d) Lain-lain
Kini penggunaan drone juga bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari yang tentunya memiliki manfaat selain hiburan saja, contohnya adalah penggunaan drone untuk mengawasi area persawahan atau perkebunan, melindungan satwa liar dengan melakukan sistem monitoring, dan masih banyak fungsi drone lainnya.

3. Jenis Drone
Drone memiliki beberapa jenis atau tipe, drone bisa dikategorikan berdasarkan fisiknya, seperti bobot, berat, banyaknya baling-baling, dan beberapa sifat lainnya.
a) Fixed Wing Drone (Tunggal)
Drone jenis ini berbentuk seperti pesawat komersial dan digunakan untuk proses yang cepat, daya jangkau lebih cepat serta lebih luas, biasanya untuk pemetaan (mapping) atau  konsepnya seperti scaning. Drone jenis Fixed wins memiliki Energi lebih irit baterai karena single baling baling.

b) Multicopter Drone (Multi)
Untuk pembuatan atau merekam sangat cocok memilih drone jenis multicopter dikarenakan lebih stabil dan daya angkut serta kekuatan untuk mengangkat beban (kemera) bisa yang lebih berat. Semakin banyak baling baling semakin stabil dan lebih aman.

4. Manfaat, Dampak, Dan Kendala Drone
a) Manfaat
Dari berbagia macam fungsi sebelumnya yang telah kita ketahui, bahwa drone sangat membantu dalam pekerjaan atau aktivitas manusia, dengan menggunakan drone kita dapat bekerja lebih cepat sehingga lebih efisien dan efektif dengan bekerja secara manual yakni fisik kita sebagai manusia, selain itu dengan menggunakan drone kita bisa mengakses beberapa lokasi yang tidak bisa dilakukan manusia, seperti melakukan pemetaan atau melakukan visualisasi pada sebuah penggunungan maupun tebing-tebing yang terjal, selain bermanfaat sebagai alat bantu aktivitas dan pekerjaan, drone juga merupakan salah satu media hiburan, kita bisa menggunakan drone layaknya mainan remote control.

b) Dampak
Seperti teknologi lainnya, drone memiliki dampat positif dan juga negatif, untuk dampak positif kita telah melihat berbagai macam fungsi drone sebelumnya, banyak sekali manfaat drone dalam membantu pekerjaan dan aktivitas manusia, sehingga manusia bisa melakukan pekerjaan dan aktivitasnya secara efektif dan efisien.
Namun drone juga memiliki dampak negatifnya, seperti salah satunya adalah privasi, dengan menggunakan drone kita bisa bergerak leluasa tanpa batasan ruang seperti ketinggian, dengan menggunakan drone dari ketinggian tentunya daya pandang kita pun menjadi luas, tentunya hal itu dapat membuat orang merasa privasi diretas walau tanpa disengaja maupun disengaja. Contoh lainnya adalah mengakses lokasi yang dilarang oleh seseorang, baik itu masyarakat biasa, perusahaan-perusahaan, bahkan negara, dengan menggunakan drone kita bisa saja mengakses lokasi tersebut namun kita harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku, atau setidaknya kita mendapatkan izin.

c) Kendala
Kendala dalam penggunaan drone salah satunya adalah, drone tidak bisa digunakan secara leluasa pada kota-kota yang padat rumah penduduk, atau tata kota yang kurang teratur, karena tata kota yang tidak teratur akan menyulitkan manusia dalam mengendalikan dronenya. Selain itu ada hokum-hukum yang berlaku dalam penggunaan drone, mulai dari hukum tertulis (pasal-pasal), hingga norma masyarakat yang berlaku secara umum. Untuk itu penggunaan drone harus secara berhati-hati, terlebih harus memiliki izin terlebih dahulu.

PENUTUP

1. Kesimpulan
Bisa disimpulkan, drone adalah salah satu teknologi canggih di era modern yang memiliki berbagai mancam fungsi dan kegunaan, serta memiliki beragam jenis dan fungsi yang berbeda, dan memiliki manfaat dalam membantu pekerjaan dan aktivitas manusia, namun penggunaan drone juga harus mentaati hukum dan norma yang berlaku. Penggunaan drone tidak bisa digunakan secara leluasa pada sebuah negara atau kota yang memiliki tata kota yang kurang teratur, atau padat rumah penduduk maupun gedung-gedung yang letaknnya berdekatan.
2. Saran
            Dalam menggunakan drone harus melihat kondisi lokasi, mulai dari tata letak bangunan, keadaan langit-langit, lalu menjauhi tempat-tempat yang memiliki larangan penggunaan drone, dan juga harus mentaati aturan dan norma, agar pengguna drone juga menghormati privasi orang lain.


DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar